-->

Persyaratan Umum Daftar Ojek Online Baru


Di era digital, transportasi online menjadi salah satu media yang banyak peminatnya. Tak heran jika banyak perusahaan yang saling berlomba untuk memberi layanan terbaik. Di tengah lautan bisnis ini, nama Gojek dan Grab menjadi salah satu yang paling dominan. Tapi, muncul pesaing baru dengan nama Maxim. Tertarik untuk bergabung dalam dunia ojol? Berikut persyaratan umum untuk daftar ojek online yang perlu Kamu ketahui.

Inilah Beberapa Persyaratan Umum Yang Biasanya Diminta Saat Akan Daftar Jadi Ojol

1. Syarat Umur Dan Kesehatan

Pastinya provider ojol perlu mereka yang mempunyai kriteria kesehatan yang sesuai. Dalam hal ini, syarat kesehatan yang sering kali ditemukan adalah sehat jasmani dan rohani. Bisa dikatakan bahwa mereka yang ingin menjadi mitra disarankan punya kondisi fisik yang normal (tidak memiliki cacat) untuk menunjang tuntutan kerja. Selain itu, salah satu provider ojol (Grab) menuliskan persyaratan usia maksimal yaitu 55 tahun.
 
2. Foto Diri

Foto diri atau pas photo memang sudah cukup jarang dipakai pada masa digital ini. Namun, tidak jarang juga yang masih membutuhkan foto diri sebagai berkas pendaftaran. Seperti daftar gojek dan gocar yang dilakukan di kantor bersangkutan. Biasanya, pas foto ini diminta dalam ukuran 3x4 atau 4x6 bergantung dengan permintaan. Persyaratan ini bisa juga berlaku pada pendaftaran di provider lain. Jadi, pastikan untuk menyediakannya sebelum beranjak untuk mendaftar.
 
3. Persyaratan Dokumen

Tidak lengkap rasanya mendaftar sesuatu tanpa dokumen tambahan. Ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar jadi driver ojol. Kartu identitas seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM C (Surat Ijin Mengemudi Motor), STNK (Surat Tanda Naik Kendaraan), Kartu keluarga, dan SKCK dilegalisir adalah beberapa dokumen yang biasanya diminta untuk melengkapi dokumen pendaftaran lain seperti formulir asli dari provider.
Namun, perlu diketahui bahwa terdapat dua macam cara pendaftaran yang bisa kamu pilih. Secara online atau secara langsung ke kantor ojol bersangkutan. Untuk daftar grabbike langsung di kantornya, biasanya persyaratan dokumen diminta dalam bentuk fotocopy dan juga membawa aslinya. Kemudian, perlu juga mengisi formulir yang tersedia. Sedangkan untuk daftar online, dokumen bisa diserahkan dalam data gambar atau scan yang dilengkapi dengan formulir online.

4. Persyaratan Kendaraan

Di samping kebutuhan data foto, kesehatan, dan dokumen, pastinya kendaraan juga akan diperhatikan. Bisa dibilang setiap provider akan berikan rincian syarat kendaraan sendiri. Namun, ada beberapa kesamaan syarat yang bisa diambil. Yakni kendaraan masih layak jalan baik untuk body dan mesinnya. Motor adalah milik sendiri (dibuktikan dengan STNK). Ada juga syarat umur kendaraan maksimal 5 tahun atau harus relatif baru.
 
5. Persyaratan Perangkat Smartphone

Sebagai pekerjaan yang berjalan secara online, sebagian besar operasional dilakukan di smartphone. Sekali lagi syarat ini berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Untuk daftar Maxim, syarat yang berkaitan adalah smartphone android dengan OS terbaru dan punya RAM minimal 2 GB. Ada juga yang perlu RAM 1 GB tapi dengan ukuran layar HP minimal 5 inch. Syarat ini akan berkaitan dengan Aplikasi ojol yang kamu daftar.

Tidak bisa dipungkiri bahwa popularitas ojek online kian lama kian meningkat. Bahkan, layanan yang tersedia pun semakin banyak. Seakan melihat Indonesia sebagai ladang bisnis media transportasi online, kamu bisa temukan nama besar seperti Grab, Gojek, bahkan Maxim sebagai provider ojol. Dengan kelebihannya masing – masing, kamu bisa dengan mudah dan cepat menjadi mitra pengemudi untuk mengais rezeki tambahan. 

Persyaratan Umum Daftar Ojek Online Baru